Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Eknomi Masyarakat Desa Tangan-Tangan Cut Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA)

Megi Firmandas, 170604087 (2022) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Eknomi Masyarakat Desa Tangan-Tangan Cut Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemberdayaan Ekonomi] Text (Pemberdayaan Ekonomi)
Megi Firmandas, 170604087, FEBI, IE, 082312104767.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Tangan–Tangan Cut Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya dan agar dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari BUMDes Bina Bersama dalam sudah baik akan tetapi belum terlalu signifikan untuk sebuah pemberdayaan ekonmomi yang komfrehensif, lantaran masih belum terpenuhinya program-program yang dijalankan oleh BUMDes Bina Bersama. Faktor pendukung yaitu adanya niat yang kuat dari pengurus BUMDes, tersedianya potensi SDA, dukungan dari pemerintah Desa dan dukungan dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu, kompetensi SDM masih kurang, minimnya anggaran yang disediakan, partisipasi masyarakat masih rendah dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pengurus kepada masyarakat tentang keberadaan BUMDes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Megi Firmandas Megi
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:45
Last Modified: 12 Aug 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item
View Item