Analisis Pendapatan Petani Kelapa Sawit Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kota Subulussalam Provinsi Aceh

Suci Lestarina, 180602173 (2022) Analisis Pendapatan Petani Kelapa Sawit Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesejahteraan Ekonomi Keluarga] Text (Kesejahteraan Ekonomi Keluarga)
Suci Lestarina, 180602173, FEBI, ES, 082267868907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pendapatan merupakan hasil dari jasa atau produksi yang diterima oleh seseorang. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pemenuhan kesejahteraan ekonomi keluarga petani kelapa sawit dari segi pendapatan dan mengetahui pemenuhan kesejahteraan ekonomi keluarga berdasarkan tinjauan maqashid syariah. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani kelapa sawit di Kota Subulussalam seluruhnya digunakan untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan. Beberapa petani merasa pendapatannya tidak cukup sehingga mereka mencari pekerjaan sampingan. Pada tinjauan maqashid syariah sudah terpenuhi dengan baik. Dimana hifdz al-din, petani kelapa sawit sudah menjalan ibadah haji meskipun tidak semuanya dikarenakan mahalnya perjalan ibadah haji. hifdz al-nafs, semua hal yang dapat mendukung kesehatan fisik (sandang, pangan dan papan) keluarga petani sudah terpenuhi dengan baik. Pada hifdz al-‘aql, terlihat bahwa sebagian besar petani sudah menyekolahkan anaknya baik di sekolah umum atau di pesantren. hifdz al-nasl, sebagian besar anak-anak petani kelapa sawit tidak melanjutkan usaha sawit keluarga. Hal tersebut karena mereka lebih memilih untuk sekolah lebih tinggi. Sedangkan hifdz al-mal, zakat atau infaq dari hasil pendapatan kelapa sawit sebagian besar petani sudah mengeluarkannya meski yang dikeluarkan petani tidak terlalu banyak, namun sebagai seorang muslim wajib mengeluarkan dari hasil pendapatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Suci Lestarina Suci
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:20
Last Modified: 15 Aug 2022 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22517

Actions (login required)

View Item
View Item