Kebutuhan Fisiologis Dalam Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Ditinjau Menurut Al-Quran Surah Quraisy Ayat 1-4

Zulfatun Mahmudah, 170402009 (2022) Kebutuhan Fisiologis Dalam Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Ditinjau Menurut Al-Quran Surah Quraisy Ayat 1-4. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebutuhan Fisiologis Dalam Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Ditinjau Menurut Al-Quran Surah Quraisy Ayat 1-4] Text (Kebutuhan Fisiologis Dalam Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Ditinjau Menurut Al-Quran Surah Quraisy Ayat 1-4)
Zulfatun Mahmudah, 170402009, FDK, BKI, 082240756894.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Memenuhi Kebutuhan Fisiologis dalam Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow ditinjau menurut Al-Quran Surah Quraisy ayat 1-4. Kebutuhan fisiologis adalah sekumpulan kebutuhan dasar yang paling dasar dan mendesak. Dalam kehidupan individu dituntut untuk dapat memenuhi kehidupan hidup dengan baik sehingga merasa senang dan puas. Namun banyak permasalahan yang dihadapi untuk memenuhi kebutuhan seperti mencuri, mengambil hak orang lain, merampok dan menipu. Padahal dalam al-Quran Allah telah menjamin kebutuhan manusia sebagaimana telah dijelaskan dalam surah al-Quraisy. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran makna kebutuhan dalam QS. Quraisy ayat 1-4 dan teori kebutuhan fisiologis Abraham Maslow dilihat dari penafsiran QS. al-Quraisy ayat 1-4. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang ada di pustaka, membaca, mencatat serta mengolah bahan yang berkenaan dengan penelitian ini. Dalam membahas skripsi ini penulis menggunakan metode content analysis (analisis isi), yaitu analisis tentang isi pesan suatu komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran makna kebutuhan dalam surah Quraisy ayat 1-4 yaitu pemberian pangan. Pemberian pangan yang dimaksud dalam ayat ini adalah ketersedian lahan dan sumber daya alam sehingga dengan anugerah itu mereka tidak kelaparan sehingga bisa memenuhi kebutuhan fisiologis. Dalam Al-Quran surah Quraisy kebutuhan manusia atau rezeki sudah dijamin oleh Allah. Allah yang memberi makan dikala lapar dan memberi rasa aman. Allah menjanjikan hal tersebut asalkan setiap manusia mau beribadah kepada Allah. Maslow mengemukakan bahwa kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan pokok manusia. Tanpa pemuasan berbagai kebutuhan tersebut seseorang tidak dapat dikatakan hidup secara normal. Oleh sebab itu maka kebutuhan fisiologis harus diutamakan dalam pemenuhannya agar bisa hidup dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zulfatun Mahmudah
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 15 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22524

Actions (login required)

View Item
View Item