Analisis Proses Seleksi Beasiswa Aceh Carong di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh

Aya Sofia, 180802131 (2022) Analisis Proses Seleksi Beasiswa Aceh Carong di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Seleksi Beasiswa Aceh Carong di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh] Text (Seleksi Beasiswa Aceh Carong di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh)
Aya Sofia, 180802131, FISIP, IAN, 082218993945.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Beasiswa Aceh Carong adalah subprogram dari Beasiswa Pemerintah Aceh yang merupakan program yang sangat esensial. Beasiswa ini menargetkan pelajar yang berasal dari keluarga miskin. Landasan hukum program beasiswa ini diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 28 Tahun 2019 tentang Beasiswa Pemerintah Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serangkaian proses seleksi Beasiswa Aceh Carong, untuk mengetahui secara lebih rinci apakah pelaksanaan program Beasiswa Aceh Carong telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur yang baik dan terkait transparansi proses seleksi Beasiswa Aceh Carong. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumen yang berkaitan tentang persyaratan dan Proses Seleksi Beasiswa Aceh Carong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar proses seleksi Beasiswa Aceh Carong telah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur dan menunjukkan komitmen dari pihak BPSDM Aceh untuk menjalankan program ini dengan baik, akan tetapi ada beberapa indikator transparansi yang masih belum dipenuhi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa tahapan seleksi Beasiswa Aceh Carong belum memenuhi standar keterbukaan informasi pada proses pelaksanaannya, seperti kurangnya efisiensi waktu pada tahap seleksi administrasi, hasil tes potensi akademik yang tidak menampilkan skor/nilai sehingga menimbulkan asumsi negatif, serta keterlambatan pelaksanaan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Aya Sofia Aya
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 15 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item
View Item