Pengelolaan Dana pada Blood For Life Foundantion Banda Aceh Dalam Penyantunan Pasien Kurang Mampu (Studi Tentang Pengelolaan Dana Infak dan Sedekah)

Sayed Muammar Rizki, 180102116 (2022) Pengelolaan Dana pada Blood For Life Foundantion Banda Aceh Dalam Penyantunan Pasien Kurang Mampu (Studi Tentang Pengelolaan Dana Infak dan Sedekah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pasien Kurang Mampu] Text (Pasien Kurang Mampu)
Sayed Muammar Rizki, 180102116, FSH, HES, 082360332894.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Blood For Life Foundantion merupakan sebuah yayasan sosial yang bergerak di bidang sosial kesehatan masyarakat. Salah satu dari programnya ialah penyantunan terhadap pasien kurang mampu yang berobat jalan ke rumah sakit yang ada di Banda Aceh. Dana penyantunan terhadap pasien kurang mampu berasal dari dana infak dan sedekah. Sebagai suatu yayasan seharusnya manajemen pengelolaan dapat dilaksanakan dengan baik, terstruktur dan transparan, namun realita di lapangan masih ditemukan kekurangan dalam pengelolaan dana infak dan sedekah di mana fokus utama pengelolaan dialokasikan untuk kegiatan konsumtif. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengumpulan dana, permanfaatan dana dan penyaluran dana yang dilakukan oleh Blood For Life Foundantion. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriktif, teknik pengumpulan data mengunakan penelitian sosiologis empiris yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kajian ini bertujuan untuk menjawab penelitian sebagai berikut: Pertama, pengumpulan dar dana dilakukan dengan sistem donasi baik secara langsung maupun transfer ke rekening yang disediakan dan dengan pemanfaatan media, sosialisasi dan publikasi agar pengumpulan dana dan transparasi data dapat diketahui oleh para donatur. Permanfaatan dana dilakukan dalam bentuk penyantunan komsumtif yaitu penyediaan rumah singgah dan layanan ambulance gratis dan dengan memperhatikan kebutuhan pasien dan berdasarkan kesepakatan pengurus. penyaluran dana dilaksanakan dengan memperhatikan zona wilayah pasien kurang mampu dan berdasarkan kriteria maupun persyaratan yang telah ditetapkan. Dalam pengelolaan dana Infak dan sedekah yang dilakukan Blood For Life Foundantion apa yang telah direncanakan tidak selalu sesuai dengan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sayed Muammar Rizki Sayed
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:01
Last Modified: 15 Aug 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item
View Item