Problematika Penerapan Skema Anuitas Dalam Produk Jual Beli Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah

Nurdin, 29173460 (2022) Problematika Penerapan Skema Anuitas Dalam Produk Jual Beli Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana.

[thumbnail of Problematika Penerapan Skema Anuitas Dalam Produk Jual Beli Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah] Text (Problematika Penerapan Skema Anuitas Dalam Produk Jual Beli Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah)
Nurdin, 29173460, Pascasarjana IAI Konsentrasi Fiqih Modern.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian perhitungan skema anuitas dalam jual beli akad murabahah pada perbankan syariah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan penggabungan antara penelitian lapangan dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan harga jual pada akad murabahah menggunakan dua variabel yaitu harga pokok dan margin. Sedangkan pada skema anuitas harga jual ditentukan oleh tiga variabel yaitu harga pokok, margin dan tenor. Masuknya tenor sebagai salah satu variabel penentu harga jual berimplikasi pada ketidakpastian harga jual dan menyelisihi daripada definisi murabahah. Ketidakpastian harga jual pada skema anuitas ini yang di sebut dengan gharar, sedangkan gharar sesuatu yang dilarang keberadaannya dalam Islam. Hal ini lah yang menyebabkan perhitungan skema anuitas pada akad murabahah menjadi tidak sesuai menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Nurdin Nurdin
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:36
Last Modified: 16 Aug 2022 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22540

Actions (login required)

View Item
View Item