Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di MIN 21 Aceh Besar

Siti Rizkia Nanda, 170209088 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di MIN 21 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di MIN 21 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di MIN 21 Aceh Besar)
Siti Rizkia Nanda, 170209088, FTK, PGMI, 082168627264.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran yang tidak di desain membuat siswa bosan dan jenuh pada saat belajar, yang membuat hasil belajar siswa rendah terhadap pembelajaran. Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu cara yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung dalam III siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 76 % (Cukup), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,33% (Baik), kemudian pada siklus ke III terus meningkat dengan nilai rata-rata 93,33% (Sangat Baik). Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 78,67% (Cukup) terlihat bahwa masih banyak kekurangan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,33% (Baik), kemudian pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 92% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh 75%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II 85%, kemudian pada siklus III peningkatan yang diperoleh 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Rizkia Nanda
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:38
Last Modified: 22 Aug 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item
View Item