Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Lingkungan Masyarakat Di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat

Zahara Maumura, 180404080 (2022) Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Lingkungan Masyarakat Di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Lingkungan Masyarakat Di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat] Text (Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Lingkungan Masyarakat Di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat)
Zahara Maumura, 180404080, FDK, PMI, 082117089090.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya adalah melakukan penambangan pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penambangan di Gampong Pasi Pinang, untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif penambangan pasir terhadap kehidupan ekonomi dan lingkungan masyarakat dan untuk mengetahui Bagaimana upaya Perangkat Gampong dan pihak terkait lainnya dalam menanggulangi dampak penambangan pasir di Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif sehingga menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi sebenarnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambangan pasir yang dilakukan menggunakan perahu dan penggalian pasir menggunakan mesin sedotan. Dampak positif penambangan pasir terhadap masyarakat adalah meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, tercukupinya kebutuhan penambang dan tersedianya lapangan kerja. Kemudian dampak negatif penambangan pasir yaitu rusaknya lahan pada penumpukan pasir di pinggiram sungai, jalan menjadi rusak, terjadinya pencemaran udara berupa debu dan air sungai yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak positif dari penambangan pasir tidak sebanding dengan besarnya dampak negatif yang dirasakan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zahara Maumura
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:39
Last Modified: 22 Aug 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item
View Item