Identifikasi Kompetensi Petugas Dalam Membina Keterampilan Anak Didik Pemasyarakatan Pada LPKA II A Lambaro, Kabupaten Aceh Besar

Indah Sundari Tbn, 170402003 (2022) Identifikasi Kompetensi Petugas Dalam Membina Keterampilan Anak Didik Pemasyarakatan Pada LPKA II A Lambaro, Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keterampilan Anak Didik Pemasayarakatan] Text (Keterampilan Anak Didik Pemasayarakatan)
Indah Sundari, 170402003, FDK, BKI, 082375675916.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Merubah prilaku dan karakter tentunya harus melalui proses pendidikan. Sama hal nya dengan anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas II Banda Aceh dimana mereka senantiasa memperoleh berbagai pendidikan selama menjalani hukuman. Oleh karena itu maka kompetensi pembinaan andikpas menjadi sangat penting, agar nantinya mampu memberi pembinaan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh petugas lapas, untuk mengetahui bagaimana cara membina keterampilan anak didik pemasyrakatan, dan untuk mengetahui bagaimana kompetensi petugas dalam membina keterampilan anak didik pemasyarakatan di LPKA. Penelitian ini adalah tergolong kepada penelitian field research, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini di ambil dengan menggunakan sampling purposive berupa kepala LPKA/petugas, dan anak didik pemasyarakatan , hasil penelitian menunjukkan bahwa Adapun kompetensi yang harus dimiliki petugas LPKA tidak tergantung petugas lulusan atau sarjana, petugas memiliki kelimuwan masing dan bidang bidang yang berbeda. Adapun cara membina keterampilan anak didik pemasyarakatan , petugas melakukan pendekatan dan mengarahkan anak didik pemasyarakatan untuk belajar tentang keagamaan dan pendidikan. petugas juga membina keterampilan anak didik pemasyarakatan dengan mengajarkan kedisiplinan dengan melakukan kegiatan yang akan dilakukan. kompetensi petugas dalam membina keterampilan anak didik pemasyarakaratan, sangat berkompeten dalam membina keterampilan anak didik pemasyarakatan sesuai bidang-bidang pembinaan seperti bidang keagamaan, bidang pendidikan dan bidang hukum, bidang arsitek di LPKA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indah Sundari Indah
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:50
Last Modified: 22 Aug 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

View Item
View Item