Pembelajaran Fungsi Trigonometri dengan Geometer’s Sketchpad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMA/MA

Nadia Husna Turrizky, 80205026 (2022) Pembelajaran Fungsi Trigonometri dengan Geometer’s Sketchpad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMA/MA. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Trigonometri dengan Geometer’s   Sketchpad] Text (Trigonometri dengan Geometer’s Sketchpad)
Nadia Husna Turrizky, 180205026, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika siswa terutama materi fungsi trigonometri disebabkan matematika yang bersifat abstrak dan guru yang harus memiliki kemampuan dalam bidang teknologi karena dapat membantu nya dalam menjelaskan materi pembelajaran secara totalitas. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian di salah satu sekolah di Aceh, tepatnya di SMAN 1 Bakongan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan software Geometer’s Sketchpad pada pembelajaran materi fungsi trigonometri dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan bantuan software Geometer’s Sketchpad pada materi fungsi trigonometri di kelas x SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pretest-posttest control design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling. Adapun yang dimaksud acak yaitu dalam hal pemilihan kelasnya dengan menggunakan tabel angka random. Satu kelas diberikan perlakuan biasa disebut eksperimen dan satu kelas lagi dilakukan pemantauan atau disebut kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data maka ditarik kesimpulan (1) Pembelajaran fungsi trigonometri di kelas dengan bantuan Geometer’s Sketchpad. Guru menggunakan infocus dan memandu siswa dalam proses menggambar grafik dan siswa juga mampu menjelaskan amplitudo, periode, nilai maksimum dan nilai minimum nya beserta mampu menuliskan persamaan yang sesuai dengan grafik. Dinyatakan penerapan software Geometer’s Sketchpad pada pembelajaran materi fungsi trigonometri lebih baik dari dari pada pembelajaran fungsi trigonometri dengan tidak menggunakan software. Dibuktikan dengan nilai posttest yang signifikan meningkat dari pada nilai pretest kelas eksperimen (2) Hasil data posttest kelas eksperimen dan kontrol yang telah dilakukan dan didapatkan t_hitung > t_tabel yaitu 5,87 > 1,68. Maka dapat ditarik kesimpulan H_0 ditolak dengan demikian terima H_1,sehingga hasil belajar materi fungsi trigonometri dengan bantuan Geometer’s Sketchpad dapat lebih baik dari hasil belajar siswa tanpa Geometer’s Sketchpad di kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Husna Turrizky Nadia
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:54
Last Modified: 22 Aug 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22558

Actions (login required)

View Item
View Item