Pengembangan Media Animasi dan Audio Berbasis Islam pada Materi Hukum Newton di SMA/MA

Rukiyah, 180204032 (2022) Pengembangan Media Animasi dan Audio Berbasis Islam pada Materi Hukum Newton di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Animasi dan Audio Berbasis Islam pada Materi Hukum Newton di SMA/MA] Text (Pengembangan Media Animasi dan Audio Berbasis Islam pada Materi Hukum Newton di SMA/MA)
Rukiyah, 180204032, FTK, PFS.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran fisika dikatagorikan sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami, yang mana siswa beranggapan bahwa pembelajaran fisika yang hanya berfokus pada rumus dan juga angka-angka. Hal ini dikarenakan guru memfokuskan pembelajaran hanya terhadap teori saja. Pembelajaran fisika yang berlangsung hanya memperhatikan papan tulis dan buku saja dengan metode ceramah, sehingga nilai yang didapatkan pada saat pembelajaran mengakibatkan kurang baik. Setelah melakukan observasi langsung di SMA Negeri 1 Darussalam diperoleh pendapat siswa yang menyatakan materi fisika terbayang sulit, salah satunya materi Hukum newton, hal ini terjadi karena kurangnya media dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk dapat membantu mengatasi masalah pembelajaran fisika tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran. Peneliti mengembangkan media pembelajaran animasi dan audio berbasis islam dikarenakan media animasi dan audio dikemas dengan gambar-gambar yang menarik yang dapat bergerak dengan didampingi audio. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain prodak media animasi dan audio dan juga mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini meggunakan metode penelitian R&D (research and develivment) dengan model penelitian alessia trollip dikarenakan penelitian ini mengembangkan suatu media ajar dengan menggunakan elektronik. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan ke 4 validator, dengan 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Berdasarkan hasil validasi dari validator menyatakan bahwa validator pada dua ahli materi ternilai layak, dan dua validator ahli media ternilai sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan validasi media juga menyatakan bahwa desain produk media animasi dan audio sangat menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rukiyah Rukiyah
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:54
Last Modified: 22 Aug 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item
View Item