Pemahaman Masyarakat Kampung Gegarang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah terhadap Ayat-ayat Alquran tentang Haid

Sirma Ayu Ara, 180303108 (2022) Pemahaman Masyarakat Kampung Gegarang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah terhadap Ayat-ayat Alquran tentang Haid. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Haid] Text (Haid)
Sirma Ayu Ara, 180303108, FUF, IAT, 082281651762.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Alquran menjelaskan bahwa haid adalah suatu hal yang kotor, sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Baqarah ayat 222. Selain itu, mengenai ayat tentang haid juga dijelaskan dalam surah al-Nur ayat 60 dan surah al-Talaq ayat empat. Berdasarkan survei awal yang peneliti lakukan di lapangan, maka hasil yang didapatkan yaitu masih terdapat sebagian yang belum memahami maksud dari ayat tentang haid ini, seperti mitos bahwa wanita haid tidak boleh memasuki lahan pertanian. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian lebih dalam di Kampung Gegarang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman masyarakat Kampung Gegarang terhadap ayat-ayat tentang haid, dan mengetahui faktor yang mendorong terhadap pemahaman tersebut.
Penelitian ini dilakukan di Kampung Gegarang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta model penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kampung Gegarang terhadap ayat-ayat tentang haid masih belum memadai. Adapun faktor yang mempengaruhi pemahaman mereka terdapat dua faktor, yaitu faktor internal (pendidikan, kemauan dari dalam diri masyarakat), dan faktor eksternal (sarana dan prasarana, lingkungan sosial, dan media sosial). Faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap pemahaman informan adalah faktor internal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sirma Ayu Ara Sirma
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:07
Last Modified: 22 Aug 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item
View Item