Peran Polda Aceh Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Oknum Anggota Polisi.

Nazarul Munzir, 160104028 (2022) Peran Polda Aceh Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Oknum Anggota Polisi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Peran Polda Aceh Dalam Menanggulangi  Penyalahgunaan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Oknum Anggota Polisi.] Text (Peran Polda Aceh Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Oknum Anggota Polisi.)
Nazarul Munzir, 160104028, FSH, HPI, 081263219073_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan polisi sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan sistem peradilan wajib melakukan tugas dan wewenang sebagai penegak hukum. Tetapi kenyataannya banyak oknum polisi yang terlibat tindak pidana, terutama tindak pidana penyalahgunaan narkotika. padahal mereka diharapkan mampu memberikan contoh pada masyarakat untuk menjauhi narkotika. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, bagaimana peran Polda Aceh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anggota kepolisian, hambatan-hambatan apa yang dihadapi Polda Aceh dalam menanggulangi upaya preventif di kalangan anggota kepolisian yang menyalahgunakan narkotika, bagaimana upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika dalam hukum islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan peran Polda dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh oknum anggota polisi yaitu dengan melakukan pembinaan, pencegahan dan penanggulangan dengan melakukan kampanye tentang narkotika hingga pengawasan terhadap produk ekspor dan impor yang mengandung narkotika di tengah lingkungan Polda Aceh. Hambatan dalam melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika dikalangan oknum anggota polisi yaitu, faktor internal berupa kurangnya koordinasi di lapangan, kurangnya pengawasan, kurangnya sarana dan prasarana di tingkat wilayah, kurangnya kesadaran hukum, sedangkan faktor eskternal yaitu ketidakpedulian masyarakat, karakteristik pribadi polisi yang cerdik melihat situasi, serta kerja sama masyarakat dengan oknum polisi dalam menggunakan narkotika. Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika dalam hukum islam yang dilakukan Polda Aceh sudah sesuai hukum Islam berdasarkan Siyasah asy-Syari’iyyah dengan menanamkan norma-norma agama yang baik kepada anggota kepolisian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Nazarul Munzir
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:10
Last Modified: 22 Aug 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22569

Actions (login required)

View Item
View Item