Implementasi Metode Dakwah Mau’idzatul Hasanah Terhadap Narapidana Oleh Dai (Studi Deskriptif Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, Aceh Besar)

Anis Aziehan Binti Abdullah, 150402018 (2022) Implementasi Metode Dakwah Mau’idzatul Hasanah Terhadap Narapidana Oleh Dai (Studi Deskriptif Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Implementasi Metode Dakwah Mau’idzatul Hasanah Terhadap Narapidana Oleh Dai  (Studi Deskriptif Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, Aceh Besar)] Text (Implementasi Metode Dakwah Mau’idzatul Hasanah Terhadap Narapidana Oleh Dai (Studi Deskriptif Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, Aceh Besar))
Anis Aziehan Binti Abdullah, 150402018, FDK, BKI, 082369304998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Metode Dakwah Mau’idzatul Hasanah Terhadap Narapidana Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, Aceh Besar”.Implementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah merupakan hal yang penting dalam meningkatkan nilai-nilai Islam. Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga sebagian narapidana dari kalangan yang tidak mempunyai pengetahuan, baik aspek akademis maupun agama dan ini merupakan penyebab mereka melakukan kesalahan yang bertentangan dengan nilai agama yang mereka anut dan hukum-hukum negara. Selain itu, kurangnya disiplin dan akhlak narapidana masih perlu dibimbing. Fokus masalah disini adalah pentingnya implementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah terhadap narapidana agar timbul kesadaran untuk berubah kearah yang lebih baik dan setelah keluar dari Rumah Tahanan mereka menjadi orang yang berguna dimasyarakat serta hambatan dalam mengimplementasikan metode dakwah mau’idzatul hasanah terhadap narapidana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya implementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah kepada narapidana di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, untuk mengetahui capaian yang diperoleh terhadap implementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah kepada narapidana di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga, dan untuk mengetahui hambatan dalam mengimplementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah terhadap narapidana di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga. Penelitian Ini menggunakan pendekatan field researchdengan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala dan petugas Rutan, ustaz, dan narapidana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Di Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga sudah ada implementasi metode dakwah mau’idzatul hasanah dan narapidana sudah menunjukkan perubahan positif yang dapat dilihat dari sikap seperti mengikuti solat jemaah, membaca Al-Qur’an dan menghadiri kajian yang diadakan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta kemauan untuk mempraktikkan nilai-nilai agama dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anis Aziehan Binti Abdullah
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:11
Last Modified: 23 Aug 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item
View Item