Peran Wanita Pengrajin Rotan dalam meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di desa Gurah kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar

Yusnita, 150602080 (2021) Peran Wanita Pengrajin Rotan dalam meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di desa Gurah kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Wanita Pengrajin Rotan dalam meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di desa Gurah kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar] Text (Peran Wanita Pengrajin Rotan dalam meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di desa Gurah kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)
Yusnita, 150602080, FEBI, ES, 085262812641.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Faktor yang menyebabkan keputusan wanita bekerja yaitu disebakan oleh faktor ekonomi dan sosial, pendapatan suami yang tidak kunjung meningkat, dan untuk mengisi waktu luang mereka memilih bekerja untuk membantu suami mencarai nafkah. Peran wanita harus diperhatikan juga dalam persepktif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wanita pengrajin rotan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga dalam perspekif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita pengrajin Rotan berperan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga di Desa Gurah kecamatan Peukan Bada Aceh Besar dengan angka pendapatan paling minim sebesar Rp 500.000-800.000/minggu dan paling tinggi mencapai >Rp 1.500.000/minggunya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga baik kebutuhan yang bersifat primer maupun sekunder dan tersier. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam bahwa usaha yang dilakukan dengan niat yang baik, tidak adanya pelanggaran syari’at kewajiban sebagai istri dalam mengatur rumah tangga untuk membantu suaminya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Yusnita Yusnita
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:59
Last Modified: 23 Aug 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item
View Item