Pengalaman Guru bahasa Arab dalam mengajar daring selama Covid-19 di MTsN 3 Banda Aceh

Fadhilah Annisa, 160202136 (2022) Pengalaman Guru bahasa Arab dalam mengajar daring selama Covid-19 di MTsN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengalaman Guru bahasa Arab dalam mengajar daring selama Covid-19 di MTsN 3 Banda Aceh] Text (Pengalaman Guru bahasa Arab dalam mengajar daring selama Covid-19 di MTsN 3 Banda Aceh)
Fadhilah Anisah, 160202136, FTK, PBA, 082168398339.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peneliti memilih judul ini karena di MTsN 3 Banda Aceh kebiasaannya proses pembelajaran berlangsung secara tatap muka, guru bahasa arab di MTsN 3 Banda Aceh banyak menggunakan strategi serta media-media tambahan selama pembelajaran bertujuan menarik perhatian dan minat para siswa agar lebih menarik selama proses pembelajaran bahasa Arab. Akan tetapi, setelah tersebarnya wabah virus corona atau Covid-19, pemerintah menetapkan agar proses pembelajaran dilakukan secara daring sebagai inisiatif pengganti pembelajaran tatap muka di lembaga dan instansi pendidikan, salah satu sekolah yang menerapkannya adalah MTsN 3 Banda Aceh. Oleh sebab itu, peneliti ingin meneliti tentang proses pembelajaran Bahasa Arab selama daring, pengalaman yang didapat, serta masalah/hambatan yang dihadapi oleh guru bahasa Arab di MTsN 3 Banda Aceh selama proses pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru bahasa Arab dalam mengajar secara daring dan pengalaman yang didapatkan guru bahasa Arab saat mengajar selama daring di MTsN 3 Banda Aceh. Adapun penelitian ini adalah deskriptif analitis, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan peninjauan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang diperlukan. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 3 orang bahasa Arab MTsN 3 Banda Aceh. Adapun hasil penelitian ini adalah dalam menjalankan pembelajaran secara daring, guru menggunakan strategi dan beberapa media dan aplikasi untuk membantu proses pembelajaran. Adapun pengalaman, masalah atau hambatan yang dihadapi guru selama proses pembelajaran daring adalah para siswa tidak semuanya mengikuti pembelajaran sesuai dengan arahan yang dikirimkan melalui whatapps baik itu berapa format pdf atau word atau rekaman seperti youtube dan gambar atau video lainnya. Sehingga sebagian siswa hanya melihat saja tapi tidak mengikuti secara cermat sesuai dengan intruksi. Maka siswa pun tidak paham dalam pembelajaran. Juga ada beberapa siswa yang belum memiliki Android dan terbatasnya paket kuota internet sehingga proses pembelajaran daring pun hanya tercapai 30 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadhilah Annisa
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:06
Last Modified: 23 Aug 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item
View Item