Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility PT. Lafarge Cement Indonesia Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar

Akmal, 170604029 (2022) Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility PT. Lafarge Cement Indonesia Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility PT. Lafarge Cement Indonesia Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility PT. Lafarge Cement Indonesia Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)
Akmal, 170604029, FEBI, IE, 082293820085.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Eksistensi Corpotare Cocial Responsibility (CSR) merupakan bentuk dari pada tanggung jawab atau kewajiban perusahaan terhadap lingkungannya. Pada prinsipnya, CSR ini bertujuan agar perusahaan dapat memberi kontribusi untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Salah satu contoh yaitu seperti yang telah dilakukan oleh PT Lafarge Cement Indonesia melalui beberapa cakupan bidang di dalamnya, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun agama. Namun demikian, fenomena di lapangan menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di kawasan perusahaan tersebut beroperasi, masih banyak yang berada pada tingkat kesejahteraan I dan II. Keadaan tersebut, tentunya sangat menarik dan penting untuk dikaji dan diteliti lebih lanjut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan CSR PT Lafarge Cement Indonesia di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan agama terhadap kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesiner kepada 100 responden yang merupakan masyarakat Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang kemudian dianalisis dengan mengggunakan formula regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program CSR PT Lafarge Cement Indonesia di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan agama secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan hasil uji R square menunjukkan bahwa, kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar dipengaruhi oleh program CSR PT Lafarge Cement Indonesia sebesar 0,345 atau 34,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Akmal Akmal
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:12
Last Modified: 23 Aug 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item
View Item