Teknik Evaluasi Pembinaan Gampong Syariah Oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Studi Kasus Di Gampong Beurawe Dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam

Ahmad Muhazir, 170403072 (2022) Teknik Evaluasi Pembinaan Gampong Syariah Oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Studi Kasus Di Gampong Beurawe Dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Teknik Evaluasi Pembinaan Gampong Syariah Oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Studi Kasus Di Gampong Beurawe Dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam] Text (Teknik Evaluasi Pembinaan Gampong Syariah Oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Studi Kasus Di Gampong Beurawe Dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam)
Ahmad Muhazir, 170403072, FDK, MD, 081260803485.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Teknik Evaluasi Pembinanan Gampong Syariah oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Studi Kasus di Gampong Beurawe dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik evaluasi pembinanan gampong syariah, upaya yang dilakukan, serta peluang dan tantangan yang dihadapi oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh di Gampong Beurawe dan Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam teknik evaluasi pembinaan gampong syariah yang dilakukan oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh melalui 4 tahapan. Pertama, membentuk tim PPTK (Panitia Pelaksana Teknik Kegiatan) yang bertugas untuk melaksanakan program kegiatan di gampong syariah, menjadi penanggung jawab, dan membuat laporan hasil kegiatan. Kedua, tim pemantau yang bertugas mengawasi setiap program kegiatan yang dijalankan tim PPTK. Ketiga, adanya muhtasib yang berfungsi sebagai Polisi Syariah di tingkat gampong. Keempat, bermusyawarah dengan pihak gampong untuk membahas evaluasi pembinaan gampong syariah. Upaya yang dilakukan kedepan yaitu mengupayakan adanya anggaran setiap program kegiatan yang akan dilaksanakan, mengupayakan kebijakan non anggaran, serta berencana menjadikan adanya gampong syariah pada setiap kecamatan di Kota Banda Aceh. Adapun peluang dan tantangan yang dihadapi yaitu peluang mendapatkan dukungan penuh dari sebahagian masyarakat dalam pembinaan gampong syariah dan mendapatkan perlindungan hukum dalam pembinaan gampong syariah, sedangkan tantangannya adalah kekurangan anggaran dalam pelaksanaan, serta masih ada sebahagian masyarakat yang tidak suka dan tidak mendukung dengan program kegiatan gampong syariah yang dilakukan oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Muhazir
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:43
Last Modified: 24 Aug 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item
View Item