Korelasi Panjang Bobot Dengan Faktor Kondisi Ikan Depik (Rasbora Tawarensis) Di Danau Laut Tawar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Liana Fitri, 180207002 (2022) Korelasi Panjang Bobot Dengan Faktor Kondisi Ikan Depik (Rasbora Tawarensis) Di Danau Laut Tawar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Korelasi Panjang Bobot Dengan Faktor Kondisi Ikan Depik (Rasbora Tawarensis) Di Danau Laut Tawar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Korelasi Panjang Bobot Dengan Faktor Kondisi Ikan Depik (Rasbora Tawarensis) Di Danau Laut Tawar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Liana Fitri, 180207002, FTK, PBL, 082216095072.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Ikan Depik merupakan ikan endemik di danau Laut Tawar Aceh Tengah. yang dikenal masyarakat dengan ikan depik atau eas yang populasinya semakin menurun. Populasi ikan Depik akan tetap terjaga jika habitat dan makanannya tercukupi. Cara mengetahui kebutuhan makanan ikan terpenuhi dengan mengetahui korelasi panjang bobot ikan dengan faktor kondisi ikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi panjang bobot dengan faktor kondisi ikan Depik (Rasbora tawarensis) di Danau Laut Tawar dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan mata kuliah Ekologi Hewan. Penelitian ini dilakukan di Danau Laut Tawar Aceh Tengah yang menggunakan metode survey eksploratif dengan cara ikan diambil dari pada nelayan ditimbang berat ikan dan diukur panjang tubuhnya dan dilakukan pada 7 stasiun. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan bantuan aplikasi Spss versi 25. Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi panjang bobot ikan diperoleh sebesar r = 0.83 yang dapat diartikan terdapat hubungan linear sempurna langsung antara jantan dan betina. Pemanfaatan hasil penelitian dalam bentuk buku ajar sebagai referensi tambahan mata kuliah Ekologi Hewan Hasil uji kelayaan buku ajar oleh validator diperoleh sebesar 79,95% dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Liana Fitri
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:50
Last Modified: 24 Aug 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item
View Item