Etika Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Tradisional Jeuram Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Madaniyah, 150602109 (2019) Etika Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Tradisional Jeuram Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pasar Tradisional] Text (Pasar Tradisional)
Madaniyah, 150602109, FEBI, ES, 082167770994.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Etika merupakan suatu tingkah laku yang tidak dapat dipisahkan dari setiap aktivitas manusia, begitu pula dalam jual beli yang dilakukan masyarakat di pasar tradisional. Islam telah mengatur dan mengajarkan umatnya dalam berprilaku sehari hari, termasuk dalam jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana etika para pedagang di pasar Jeuram dalam menjalankan usahanya apakah sudah sesuai dengan prinsip etika Islam atau belum. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawacara, observasi dan juga dokumentasi. Responden penelitian ini pedagang sayur dipasar tradisional Jeuram. Berdasarkan etika bisnis Islam prinsip melakukan jual beli ialah, jujur dalam takaran, menjual barang yang baik mutunya, dilarang menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati, membangun hubungan baik antar kolega, tertib adminitrasi, dan menetapkan harga dengan transparan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa etika pedagang sayur di pasar Jeuram sudah hampir sesuai dengan etika bisnis Islam. Disana tidak banyak ditemukan kecurangan dalam transaksi, baik dari harga maupun timbangan. Dan juga dalam penentuan harga yang dilakukan oleh pedagang dipasar ini sudah sesuai dengan aturan pasar atau mekanisme pasar. Sehingga dibutuhkan perhatian lebih pemerintah dalam mengontrol jalannya mekanisme di pasar supaya tidak terjadi penumpukan barang, permainan harga maupun permainan takaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Madaniyah Madaniyah
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:14
Last Modified: 25 Aug 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item
View Item