Social Harmony Teaching in the Qur’an and Sunnah: Islam Dialogue and Modernity

Suraiya IT, 2028126101 (2016) Social Harmony Teaching in the Qur’an and Sunnah: Islam Dialogue and Modernity. I ed. Institute for Islamic Studies Inter-religious Dialogue and Peace (IISIDP), Banda Aceh. ISBN 978-602-74443-0-0

[thumbnail of Social Harmony Teaching in the Qur’an and Sunnah: Islam Dialogue and Modernity] Text (Social Harmony Teaching in the Qur’an and Sunnah: Islam Dialogue and Modernity)
Buku - Social Harmony Teaching the Qur'an and Sunnah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Keharmonisan sosial merupakan aspek penting dan semestinya selalu dipelihara dalam tatanan sosial; hubungan antar individu dan masyarakat. Tanpa keharmonisan sosial manusia tidak akan mungkin dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari, karena dengan keharmonisan sosial setiap individu akan hidup dalam tentram, tanpa ketakutan dan kecemasan terhadap keamanan untuk diri dan keluarganya. Menciptakan hubungan sosial yang harmonis bagi seorang muslim adalah ibadah. Prilaku-prilaku seperti melayani orang lain dengan baik, memberikan kemudahan dalam kehidupan orang lain, prilaku menyenangkan bagi sesama atau tidak menunjukkan sikap yang membuat orang lain risih, memberatkan atau membebani pihak lain, adalah antara contoh-contoh karakter yang diperlukan dalam menjalin hubungan sosial yang baik. Islam merupakan agama yang sangat menganjurkan kebaikan terhadap sesama manusia, mengajarkan perdamaian dan keharmonisan sosial dimana manusia sebagai makhluk social harus mampu mewujudkan keharmonisan hidup bersama di mana dan dengan siapa ia hidup berdampingan. Sebagai mahluk sosial, seseorang tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi tetapi justru juga memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam rangka menciptakan keharmonisan hidup dalam skala kolektif. Hal itu ditunjukkan dalam bentuk prilaku peduli terhadap sesama.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Social Harmony Teaching, Qur’an, Sunnah, Islam Dialogue, Modernity
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Suraiya IT Suraiya
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:58
Last Modified: 31 Aug 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item
View Item