Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

Dessy Maya Sari, 170207082 (2022) Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring] Text (Pembelajaran Daring)
Dessy Maya Sari, 170207082, FTK, PBL, 082273107006.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran daring menjadi solusi terbaik terhadap proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19. SMA Muhammadiyah Gunung Meriah merupakan salah satu sekolah yang ikut menerapkan pembelajaran daring. Adapun permasalahan yang mencakup pada skripsi ini yakni terkait dengan pelaksanaan pembelajaran daring, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar, dan pengaruh pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA yang terdiri dari 31 siswa dan 1 orang guru Biologi. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui angket dan wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait dengan proses pelaksanaannya Pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah pada mata pelajaran Biologi menggunakan tiga aplikasi yaitu Whatsapp, Google classroom dan Telegram. Kemudian pelaksanaan pembelajaran daring berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah dengan nilai to = 2,85 lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, yaitu 2,00 <2,85>2,66. Dan pelaksanaan pembelajaran daring berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah dengan nilai to = 10,56 lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, yaitu 2,00 < 10,56>2,66.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dessy Maya Sari 170207082
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:14
Last Modified: 25 Aug 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item
View Item