Konsep Sakinah Dalam Layanan Konseling Islam Menurut Al-Qur’an

Nurul Amalina Binti Azhar, 150402128 (2022) Konsep Sakinah Dalam Layanan Konseling Islam Menurut Al-Qur’an. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Konsep Sakinah Dalam Layanan Konseling Islam Menurut Al-Qur’an] Text (Konsep Sakinah Dalam Layanan Konseling Islam Menurut Al-Qur’an)
Nurul Amalina Binti Azhar, 150402128, FDK, BKI, 082369304998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Sakinah Dalam Layanan Konseling Islam Menurut Al-Qur’an. Sakinah sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan harus diupayakan oleh setiap orang yang menginginkannya. Terdapat anggapan keliru sebahagian masyarakat yang menginginkan ketenangan tetapi dilakukan dengan cara yang salah seperti korupsi, pergi ke klab-klab malam, pengambilan obat-obatan terlarang dan pergaulan laki-laki dan perempuan yang tiada batas. Juga beberapa kegiatan lain seperti bertapa, bersemedi, dan meditasi, juga terapi psikologis lain yang mungkin sudah terbukti mampu mendatangkan ketenangan tapi apakah hal tersebut bisa dibenarkan secara syar’i. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep sakinah yang dapat dilihat dari sisi Al-Qur’an guna pendekatan konseling islam, juga memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa adanya konsep ketenangan yang hakiki. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode content analysis yaitu analisis isi untuk membuat inferensi-inferensi yaitu proses penarikan suatu kesimpulan berdasarkan pertimbangan yang dibuat atau pertimbangan umum simpulan yang dapat ditiru dan sahih data dengan memerhatikan konteksnya. Peneliti juga menggunakan library research (penelitian kepustakaan) dengan cara mengumpulkan data yang ada di pustaka, membaca, mencatat serta mengolah bahan yang berkaitan dengan penelitian ini. Ada sejumlah pendekatan dan terapi yang boleh dilakukan untuk mendapatkan ketenangan yakni dengan salat, puasa, dzikir, sedekah, dan doa. Dengan melakukan segala hal itu, klien akan merasa sentiasa dekat dengan Rabb Yang Maha Agung sehingga klien tidak merasakan beban yang berat karena merasakan sentiasa ada Allah disisinya. Ketenangan yang diberi oleh Allah adalah ketenangan yang diturunkan ke dalam hati seseorang maka orang tersebut langsung menjadi tenang, dan apa yang membebaninya selama ini mejadi ringan, ia tidak sedih dan tidak takut dengan apa yang sedang dihadapinya, dan dapat menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Amalina Binti Azhar
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:53
Last Modified: 25 Aug 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22678

Actions (login required)

View Item
View Item