Peran Pemerintah Daerah dalam Penanganan Kerawanan Pangan Masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar (Studi Implementasi Kebijakan Berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Besar Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar)

Nobila Saumy Arghniya, 180802012 (2022) Peran Pemerintah Daerah dalam Penanganan Kerawanan Pangan Masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar (Studi Implementasi Kebijakan Berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Besar Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran  Pemerintah  Daerah  dalam  Penanganan Kerawanan Pangan] Text (Peran Pemerintah Daerah dalam Penanganan Kerawanan Pangan)
Nobila Saumy Arghniya, 180802012, FISIP, IAN, 085214138583.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Secara umum produksi padi Kabupaten Aceh Besar mengalami penurunan dari 269.470 pada tahun 2019 menjadi 230.875 ton pada tahun 2020 dengan luas tanam 34.244 hektar, luas panen 38.085 hektar dan luas lahan baku sawah 25.692 hektar. Dengan hasil produksi padi tersebut, untuk kebutuhan konsumsi padi masyarakat Kabupaten Aceh Besar sebesar 56,775 ton dengan jumlah penduduk Aceh Besar yang mencapai 405,535 jiwa. Kondisi tersebut menunjukan masih adanya kemungkinan terjadinya kerentanan terhadap kerawanan pangan pada beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh besar, salah satunya Kecamatan Kota Jantho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya Pemerintah Daerah yang dilakukan terhadap kerawanan pangan masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui dan menganalisis ketersedian pangan untuk masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analis dokumen serta teknik analisis data menggunakan condensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, upaya Pemerintah Daerah yang dilakukan terhadap kerawanan pangan masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar adalah memberikan fasilitas berupa pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), modal awal dan pengadaan gabah. Akan tetapi salah satu Gampong Kota Jantho masih belum menunjukan perubahan ke arah keluarnya dari status kerawanan pangan. Masyarakat Kota Jantho juga hanya dapat memproduksi padi sekali dalam setahun, hal ini menyebabkan kurangnya ketersediaan pangan masyarakat. Diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dapat meningkatkan upaya terhadap penanganan kerawanan pangan masyarakat Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar dalam menurunkan atau mengeluakan status kerawanan pangan Kota Jantho menjadi wilayah ketahanan pangan dan kemandirian pangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nobila Saumy Arghniya Nobila
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:49
Last Modified: 25 Aug 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item
View Item