Meningkatkan Pemahaman Qawaid An-Nahwiyyah Dengan Menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarh Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah Aceh Besar

Zahrul Fuad, 180202109 (2022) Meningkatkan Pemahaman Qawaid An-Nahwiyyah Dengan Menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarh Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Meningkatkan Pemahaman Qawaid An-Nahwiyyah Dengan Menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarh Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah Aceh Besar] Text (Meningkatkan Pemahaman Qawaid An-Nahwiyyah Dengan Menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarh Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah Aceh Besar)
Zahrul Fuad, 180202109, FTK, PBA, 082368067108.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Qawaid An-Nahwiyyah merupakan salah satu pelajaran yang wajib di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah dan santri wajib untuk menguasainya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode Qawaid dan Terjemah. Dalam mempelajari Qawaid An-Nahwiyyah maka ma’had ini menggunakan kitab Matan Aj-Jurumiyyah pada kelas satu, kitab Kawakib Adduriyyah pada kelas dua, Kitab Hasyiah ‘Alamah Abi Naja pada kelas tiga, Kitab Alfiyah pada kelas empat. Namun sebagian santri ketika berpindah ke kelas dua mereka belum mampu memahami Qawaid An-Nahwiyyah dengan baik sebagaimana yang dipelajari dikelas satu daripada kitab matan Aj-Jurumiyyah, Hal ini disebabkan oleh guru yang menggunakan metode Qawaid dan Terjemah dalam mengajar dan sedikitnya kepedulian santri-santri dalam belajar bahkan sebagian santri tidak mendengar terhadap penjelasan gurunya. Maka dengan sebab itu, dikelas dua para santri tidak mempu memahami materi dari kitab Kawakib Adduriiyah, hal ini disebabkan juga karena kitab ini bukanlah penjelasan lanjutan daripada kitab matan Aj-Jurumiyyah dan dalam kitab ini menggunakan contoh-contoh yang sulit dipahami oleh santri seperti syi’ir. Peneliti berpendapat bahwa santri-santri tersebut membutuhkan kitab terbaru sesudah selesai mempelajari kitab matan Aj-Jurumiyyah. Peneliti menyarankan untuk menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarhi Aj-Jurumiyyah. Berangkat dari masalah tersebut peneliti berinisiatif untuk meneliti tentang “Meningkatkan Pemahaman Qawaid An-Nahwiyyah Dengan Menggunakan Kitab Alkafi Fi Syarhi Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah Aceh Besar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan kitab Alkafi Fi Syarhi Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu dan untuk mengetahui respon santri dalam penggunaannya. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen Pre-Experimentel Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 142 santri. Sampel dalam penelitian ini adalah santri kelas dua yang berjumlah 17 santri. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini soal pre test post test dan angket. Adapun hasil penelitiannya adalah penggunaan Kitab Alkafi Fi Syarhi Aj-Jurumiyyah Dengan Metode Qiyasiyah terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan santri untuk memahami Qawaid An-Nahwiyyah. Hal ini dibuktikan dengan hasil T-test lebih besar daripada T-tabel (3,75 > 2,12 dan 2,92). Sedangkan respon santri terhadap penggunaan Kitab Alkafi Fi Syarhi Aj-Jurumiyyah dengan metode qiyasiyah adalah positif dengan nilai rata-rata 87%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahrul Fuad
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:42
Last Modified: 25 Aug 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22685

Actions (login required)

View Item
View Item