Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs

Liza Meliza, 150205006 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom         Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs] Text (Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs)
Liza Meliza, 150205006, FTK, PMA, 082362023664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui capaian hasil pembelajaran matematika siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Kenyataannya berdasarkan berbagai evaluasi, hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi penyajian data yang diajarkan dengan model pembelajaran flipped classroom dan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMPN 5 Bandar Baru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel diambil dengan teknik pengambilan data secara acak atau Simple Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan melakukan tes. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung=1,80 dan t_tabel=1,67, menunjukkan〖 t〗_hitung>t_tabel, berarti terima H_(1 )dan tolak H_(0 ). Kenyataannya hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMPN 5 Bandar Baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Liza Meliza
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:48
Last Modified: 25 Aug 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22686

Actions (login required)

View Item
View Item