Pola Perencanaan Karir Aparatur Sipil Negara Untuk Peningkatan Kinerja (Studi Deskriptif Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara)

Irhamna, 160402088 (2021) Pola Perencanaan Karir Aparatur Sipil Negara Untuk Peningkatan Kinerja (Studi Deskriptif Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perencanaan Karir] Text (Perencanaan Karir)
Irhamna, 160402088, FDK, BKI, 082182001442.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perencanaan karir merupakan suatu proses atau langkah awal pemilihan sasaran karir dengan mempertimbangkan kesempatan, peluang, serta masalah-masalah dalam pemilihan karir, agar dapat mencapai tujuan karir yang diinginkan sesuai dengan bakat, minat serta potensi sumber daya manusia. Sejauh ini di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara telah dimulai dengan adanya proses penerimaan tenaga kerja PNS, dan tenaga pramu bakti. proses penerimaan tersebut juga disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan bidang yang dibutuhkan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon. Dengan adanya peraturan ini akan terlihat perencanaan karir dari kalangan pegawai yang bekerja di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon, serta tingkat keseriusan dalam bekerja dan menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas dan fumgsinya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi keilmuan Pegawai Kantor Urusan Agama Seunuddon dilihat dari tugas dan fungsinya, gambaran kinerja pegawai selama bekerja di kantor urusan agama kecamatan seunuddon, serta perkembangan karir pegawai selama bekerja di kantor urusan agama kecamatan seunuddon. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini sebanyak 7 orang responden dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi keilmuan pegawai dilihat dari tugas dan fungsinya sebagian besar sudah sesuai dengan jabatan yang diemban oleh pegawai. Dan sebagian kecil masih ada juga pegawai yang bekerja tidak sesuai dengan keilmuan dikarenakan masa kerja, pengalaman dan golongan. (2) gambaran kinerja pegawai selama bekerja sangatlah bagus dan baik serta memuaskan. Mereka selalu melakukan pekerjaan dengan teratur tanpa menunda pekerjaan yang harus di selesaikan. Mereka juga melakukan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. (3) perkembangan karir pegawai selama bekerja di Kantor Urusan Agama Kec.Seunuddon cukup bagus di lihat dari jabatan dan bantuan instansi dalam memberikan peluang karir bagi para pegawai yang bekerja di Kantor Urusan Agama selama ini. Jabatan yang di berikan adalah sesuai SK Kepegawaian, maka pegawai harus mampu bekerja sesuai dengan kepercayaan yang sudah diberikan oleh pemerintah daerah terhadapnya. Dan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan skill, bakat maupun kemampuan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Irhamna Irham
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:56
Last Modified: 25 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item
View Item