Peran Manajerial Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar Dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan

Ridha Naufal Hanra, 150503036 (2022) Peran Manajerial Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar Dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Manajerial Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar Dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan] Text (Peran Manajerial Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar Dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan)
Ridha Naufal Hanra, 150503036, FAH, IP, 082361818376.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Manajerial Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana peran manajerial Kepala UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar dalam meningkatkan kinerja pustakawan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran manajerial Kepala UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar dalam meningkatkan kinerja pustakawan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah Kepala Perpustakaan dan 6 orang pustakawan.Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar telah menjalankan seluruh peran manajerialnya yaitu: perencanaan (planning) dengan merencanakan pelatihan-pelatihan kepustakawanan, membuat rencana dan juga penganggaran. Pengorganisasian (organizing) dengan melakukan pelatihan dengan berbagai variasi serta menetapkan tugas pustakawan sesuai dengan bidangnya. Pengorganisasian pekerjaan, pengarahan (actuating) dengan memberikan pengarahan kepada pustakawan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya, menjalin kerja sama dengan perpustakaan lain dalam rangka memanfaatkan koleksi dan sarana prasana perpustakaan. Pengawasan (controling) dengan mengawasi kinerja berdasarkan loparan kerja pustakawan, mengevaluasi dan mengimplementasikan rencana program, staf perpustakaan, dan mengembangkan konsep untuk perbaikan serta peningkatan dan memantau pelaksanaan rencana kerja yang dibuat dan memantau penggunaan anggaran, peralatan dan infrastruktur. Dengan adanya evaluasi yang dilakukan oleh kepala perpsutakaan, kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar juga terjadi peningkatan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ridha Naufal Hanra
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:11
Last Modified: 02 Sep 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22712

Actions (login required)

View Item
View Item