Konfigurasi Sosial-Intelektual & Horizon Politik A. Hasjmy

Hasan Basri, 2002056303 (2022) Konfigurasi Sosial-Intelektual & Horizon Politik A. Hasjmy. I ed. Ar-Raniry Press, Banda Aceh. ISBN 978-623-5358-00-0

[thumbnail of Konfigurasi Sosial-Intelektual & Horizon Politik A. Hasjmy] Text (Konfigurasi Sosial-Intelektual & Horizon Politik A. Hasjmy)
Hasan Basri - Konfigurasi Sosial-Intelektual & Horizon Politik A. Hasjmy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Fokus kajian buku ini adalah pemikiran politik yang mengacu pada pemikiran politik dalam perspektif Islam dan hubungan negara dengan agama dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pemerintahan. Secara historis, persoalan politik selalu menarik untuk diperbincangkan, apalagi dikaitkan dengan perspektif Islam. Wacana negara dan agama (Islam) terus saja bergulir seiring dengan perkembangan zaman. Tanpa kecuali, di Indonesia, negeri yang berasaskan Pancasila, polemik tentang hubungan negara dengan Islam selalu saja mencuat ke permukaan. Sejak masa awal kemerdekaan, bahkan sebelumnya, perdebatan mengenai hubungan negara dengan agama tetap menjadi topik yang hangat dan diskusi pun menjadi alot dalam sidang-sidang di parlemen. Diskusi mengenai penerapan syariat Islam dalam Piagam Jakarta, misalnya, masih menyisakan bahan renungan sampai kini. Demikian juga polemik Soekarno dan M. Natsir pada tahun 1940-an tentang hubungan agama dan negara memiliki makna historis sangat penting. Dalam pandangan Soekarno, agama merupakan aturan-aturan spiritual (akhirat) dan negara adalah masalah duniawi (sekular). Tentang bentuk negara, Soekarno mendukung gagasan negara demokrasi. Sementara Natsir bertitik tolak dari pandangan bahwa agama (Islam) tidak dapat dipisahkan dari negara. Bagi Natsir, urusan kenegaraan pada prinsipnya merupakan bagian integral ajaran Islam.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Konfigurasi Sosial-Intelektual, Horizon Politik, A. Hasjmy
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muliadi Kurdi
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:52
Last Modified: 31 Aug 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22766

Actions (login required)

View Item
View Item