Reafirmasi Nilai-nilai Religiusitas dalam Kehidupan melalui Pendidikan Karakter

Sri Suyanta, 2026096701 (2015) Reafirmasi Nilai-nilai Religiusitas dalam Kehidupan melalui Pendidikan Karakter. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh, 2 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2337-7364

[thumbnail of Reafirmasi Nilai-nilai Religiusitas dalam Kehidupan melalui Pendidikan Karakter] Text (Reafirmasi Nilai-nilai Religiusitas dalam Kehidupan melalui Pendidikan Karakter)
Jurnal Ilmiah Pedagogik Vol 2 No 1 (2015).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka mengukuhkan nilai-nilai religiusitas dalam kehidupan, pendidikan karakter merupakan keniscayaan. Proses dan mekanismenya melintasi area, masa dan usia. Pendidikan karak¬ter mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sosial masyarakat lainnya. la mestinya menjadi panglima, diprioritaskan sejak dahulu kala, kini dan masa datang. Bahkan sekarang ini peserta didik dalam pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa bahkan usia manula sekalipun. Oleh karenanya pendidikan karakter harus dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan simultan untuk membantu peser¬ta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan dirinya, sesama manusia, lingkungan dan Tuhannya. Pendidikan karakter dapat ditempuh melalui tiga tahap. yaitu sosialisasi pengenalan (introduksi). penghayatan (internalisasi), dan pengukuhan (aplikasi) dalam kehidupan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Nilai Religiusitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Suyanta Harsa
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:49
Last Modified: 31 Aug 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22767

Actions (login required)

View Item
View Item