Potensi Cash Waqf Linked Sukuk di Aceh: Pendekatan Analisis SWOT

Novita Katrin, 201008005 (2022) Potensi Cash Waqf Linked Sukuk di Aceh: Pendekatan Analisis SWOT. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Cash Waqf Linked Sukuk] Text (Cash Waqf Linked Sukuk)
Novita Katrin, 201008005.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Wakaf memiliki peranan yang sangat penting bagi ekonomi sosial dan memiliki fleksibilitas lebih tinggi dibandingkan dengan zakat sehingga para ulama mengembangkan bentuk wakaf sesuai dengan kebutuhan zaman. Potensi wakaf di Indonesia menghadirkan inovasi baru yang mana menerbitkan salah satu instrumen wakaf yang berbentuk Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). CWLS merupakan wakaf uang yang ditempatkan sebagai instrumen sukuk negara atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Daerah Aceh yang dikenal dengan daerah yang masyarakatnya dermawan belum mengimplementasikan instrumen wakaf produktif yang berbentuk CWLS yang mana instrumen ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis potensi CWLS di Aceh dengan melihat Strength, Weakness, Opportunity dan Treath.
Penelitian ini menggunakan Metode Mix Method yang mengkombinasikan antara dua metode penelitian sekaligus yaitu kualitatif dan kuantitatif dalam suatu kegiatan penelitian sehingga akan menghasilkan data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT, oleh karena itu adanya kuantifikasi nilai yang sesuai dengan hasil wawancara.
Hasil dari penelitian ini bahwa potensi CWLS di Aceh tinggi hal ini dikarenakan berada pada posisi kuadran I yaitu growth, yang artinya kondisi ini mendukung kebijakan yang agresif. Dengan demikian bahwa instrumen CWLS dapat memaksimalkan kekuatan yang dimiliki demi merebut peluang yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Novita Katrin Novita
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:12
Last Modified: 31 Aug 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22772

Actions (login required)

View Item
View Item