Aktualisasi Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Di Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh (Kajian Terhadap Ibu-Ibu Majelis Taklim)

Diana Kusumawati, 180403064 (2022) Aktualisasi Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Di Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh (Kajian Terhadap Ibu-Ibu Majelis Taklim). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Aktualisasi Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Di Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh (Kajian Terhadap Ibu-Ibu Majelis Taklim)] Text (Aktualisasi Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Di Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh (Kajian Terhadap Ibu-Ibu Majelis Taklim))
Diana Kusumawati, 180403064, FDK, MD, 081264604410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Aktualisasi Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Menjaga Kuktural Rumah Tangga Di Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh” fokus kajian yang dilakukan terkait Pelaksanaan Wanita Majelis Taklim Terhadap Suami dalam menjaga kultural rumah tangga di Dayah Al Fathani Darussalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kewajiban istri terhadap suami dalam menjaga kultural rumah tangga. Kemudian untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kewajiban istri terhadap suami serta untuk mengetahui tanggapan ibu majelis taklim dalam menjaga kultural rumah tangga. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang akan menghasilkan data yang berbentuk kata-kata, gambar bukan angka. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kewajiban istri terhadap suami sudah terlaksana akan tetapi pelaksanaannya belum begitu sempurna di laksanakan. Karena ada beberapa faktor pendukung yang salah satunya jika terlaksana nya kewajiban istri terhadap suami maka istri dapat ridho atau pahala dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kewajiban istri terhadap suami yaitu sebagian istri banyak yang bingung atau pusing dalam membagi pelaksanaan kewajiban istri terhadap suami atau mengurus anak. Kemudian banyak ibu-ibu majelis taklim yang mampu menjaga kultur rumah tangganya akan tetapi masih belum bisa dicapai begitu sempurna oleh ibu-ibu majelis taklim. Kemudian juga banyak dari ibu-ibu majelis taklim yang merasa tidak sanggup menjalankan semua pelaksanaan kewajiban nya, karena suami yang tidak mau ikut kerja sama dalam mengurus anak ataupun mengurus rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Diana Kusumawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:38
Last Modified: 31 Aug 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item
View Item