Pemaknaan Cadar Oleh Jemaah Perempuan Pengguna Cadar Pada Balai Pengajian Halaqatul Qulub Banda Aceh

Siti Rahmah, 170305018 (2022) Pemaknaan Cadar Oleh Jemaah Perempuan Pengguna Cadar Pada Balai Pengajian Halaqatul Qulub Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Halaqatul Qulub] Text (Halaqatul Qulub)
Siti Rahmah, 170305018, FUF, SA, 082253938174.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis mencoba memaparkan tentang pemaknaan cadar yang di pahami oleh jemaah pengguna cadar di pengajian Halaqatul Qulub. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui latar belakang, pemaknaan atau pemahaman dan motivasi jemaah bercadar di pengajian HAQ menggunakan cadar. Teori dalam penelitian ini ialah teori Fenomenologi Alfred Scrutz.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Narasumber terdiri dari pengurus pengajian HAQ dan jemaah yang bercadar di pengajian HAQ.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, alasan yang melatar belakangi pengguna cadar di pengajian HAQ bercadar yaitu bermotif sebab (because motive) karena fakir ilmu terutama masalah ilmu agama/ingin mendalami ilmu agama, ingin memperbaiki diri terutama dalam bergaul terhadap lawan jenis (laki-laki), bertaubat karena perbuatan dosa masa lalu dan ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT serta bermotif karena lingkungan pertemanan. Kedua, pemaknaan cadar yang dipahami oleh para pengguna cadar jemaah pengajian HAQ memiliki beberapa harapan atau tujuan (in order to motive) diantaranya yaitu: (1) sebagai pelindung diri baik secara batiniah maupun lahiriyah (2) sebagai bentuk pertaubatan (3) sebagai bentuk cinta terhadap sunnah Nabi Muhammad SAW (4) sebagai perintah agama. Ketiga, terdapat dua faktor yang memotivasi jemaah pengguna cadar di pengajian HAQ menggunakan cadar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal terdapat di poin pertama sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan keluarga, pertemanan dan pengajian yang diikuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Siti Rahmah Rahmah
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:02
Last Modified: 14 Sep 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22778

Actions (login required)

View Item
View Item