Kajian Konsep Ekowisata Untuk Bukit Sigantang Sira (Studi Kasus: Bukit Sigantang Sira)

Teuku Trisanuari, 1707011112 (2022) Kajian Konsep Ekowisata Untuk Bukit Sigantang Sira (Studi Kasus: Bukit Sigantang Sira). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Konsep Ekowisata Untuk Bukit Sigantang Sira (Studi Kasus: Bukit Sigantang Sira)] Text (Kajian Konsep Ekowisata Untuk Bukit Sigantang Sira (Studi Kasus: Bukit Sigantang Sira))
Teuku Trisanuari, 170701112, FST, ARS, 082310432416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Selatan merupakan salah satu kota bersejarah dan memiliki tempat wisata yang ban yak. Salah satunya adalah Kawasan Objek Wisata Sigantang Sira. Namun, daerah ini mulai mengalami pergeseran nilai-nilai sosial budaya dan kearifan lingkungan. Konsep ekowisata menjadi salah satu alternatif guna menjaga nilai-nilai sosial budaya dan tidak merusak lingkungan. Konsep ekowisata akan mengurang dampak negatif keberadaan objek wisata terhadap pilar lingkungan, ekonomi dan sosial budaya. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan sebuah konsep pariwisata ramah lingkungan pada Kawasan Objek Wisata Sigantang Sira, Aceh Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat, pemilik objek wisata serta apparat desa bersedia untuk berkontribusi aktif dalam penerapan konsep ekowisata. Konsep ekowisata yang ditawarkan adalah konsep arsitektur berupa konsep bangunan dan kawasan ramah lingkungan serta rekomendasi non-arsitektural berupa pengelolaan objek wisata dan pengelolaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Teuku Trisanuari
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:55
Last Modified: 31 Aug 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item
View Item