Dampak Negatif Korean Wave Terhadap Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Riska Jullya Sarda, 180401063 (2022) Dampak Negatif Korean Wave Terhadap Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Negatif Korean Wave Terhadap Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry] Text (Dampak Negatif Korean Wave Terhadap Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)
Riska Jullya Sarda, 180401063, FDK, KPI, 082234897034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dampak Korean Wave sudah menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak kalangan muda di Indonesia seperti mahasiswa yang terlihat menyukai, mengikuti, bahkan meniru kebudayaan dari Korea Selatan. Hal tersebut juga terjadi pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry khususnya angkatan 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dampak negatif Korean Wave pada Mahasiswa KPI, dan upaya Mahasiswa KPI dalam menanggulangi dampak negatif Korean Wave dalam keseharian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 14 jenis dampak negatif dari Korean Wave terhadap mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, yaitu boros, buang-buang waktu, waktu belajar terganggu dan menunda tugas atau pekerjaan, kesulitan tidur (insomnia), berhalusinasi, ketergantungan, melalaikan ibadah, suka mengikuti fashion (K-Style) ala Korea Selatan, menyelipkan bahasa Korea dalam keseharian, lebih tahu informasi tentang Korea Selatan dari pada Indonesia sendiri, lebih suka menyendiri, lebih tertarik dengan budaya Korea Selatan dari pada budaya sendiri, terlalu terbawa suasana dari drama yang ditonton, dan mengabaikan orang sekitar. Kemudian ada berbagai upaya mahasiswa dalam menanggulangi dampak negatif Korean Wave dalam keseharian baik dari dirinya sendiri maupun dari orang tua. Upaya dari mahasiswa sendiri seperti: menyibukkan diri dengan mencari aktivitas lain, mendengar lagu yang disukai untuk bisa tidur, berkumpul dengan keluarga, mendekatkan diri kepada Tuhan, berusaha salat tepat waktu, hingga bergaul dengan teman yang bukan penggemar Korea. Sedangkan upaya dari keluarga seperti orang tua, mereka lebih mengingatkan atau menasehati, juga terkadang menyuruh melakukan berbagai pekerjaan rumah agar tidak terlalu lalai dengan tontonan tayangan Korea Selatan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Riska Jullya Sarda
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:27
Last Modified: 31 Aug 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item
View Item