Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Syarifah Milda, 170207136 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media] Text (Pengembangan Media)
Syarifah Milda, 170207136, FTK, PBL, 082166435416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kurang bervariasinya media pembelajaran membuat peserta didik kurang efektif dalam memahami pembelajaran di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Media yang digunakan hanya beberapa media seperti power point dan LKPD biasa yang terdapat dalam buku paket, sehingga tidak ada media khusus dalam proses pembelajaran yang disediakan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menambahkan pengetahuan baru dan lebih luas lagi pada materi sistem peredaran darah, melihat hasil belajar peserta didik dari pengembangan media tersebut. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media dan 2 ahli materi. Objek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket uji kelayakan ahli media, lembar angket uji kelayakan ahli materi, angket respon peserta didik, serta soal pre-test dan post-test. Analisis data kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan rumus uji paired simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKPD berbasis keterampilan proses sains, memperoleh uji kelayakan media sebesar 90%, uji kelayakan materi sistem peredaran darah sebesar 90% dan respon peserta didik terhadap media memperoleh hasil sebesar 90% dengan kategori sangat layak serta media LKPD ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Syarifah Milda Ipah
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:39
Last Modified: 31 Aug 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22798

Actions (login required)

View Item
View Item