Analasis Peran Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BMT Taman Indah Kabupaten Pidie)

Ryan Yusuf Pradana, 180602001 (2022) Analasis Peran Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BMT Taman Indah Kabupaten Pidie). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analasis Peran Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BMT Taman Indah Kabupaten Pidie)] Text (Analasis Peran Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BMT Taman Indah Kabupaten Pidie))
Ryan Yusuf Pradana, 180602001, FEBI, ES, 085215182620.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Saat ini masyarakat bawah mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan ke lembaga-lembaga perbankan termasuk bank Syariah, sehingga dibutuhkan lembaga lain untuk memudahkan usaha mikro dalam memperoleh permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Baitul Mal Wat Tamwil Taman Indah Kabupaten Pidie dalam meningkatkan modal usaha mikro masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti memperoleh informasi dari 11 informan terdiri dari 10 pelaku usaha mikro dan 1 manajer BMT. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan yang dilakukan oleh BMT Taman Indah di nilai berhasil dan bermanfaat dalam memberikan modal kepada usaha mikro. Akan tetapi peran dalam pengarahan serta memberikan pelatihan kepada usaha mikro pihak BMT belum mengambil peran dalam hal tersebut. Adapun pihak BMT Taman Indah dalam meningkatkan usaha mikro mengalami peluang dan tantangan yang dihadapi. Dilihat dari tinjauan ekonomi Islam, seluruh kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ryan Yusuf Pradana
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:39
Last Modified: 31 Aug 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item
View Item