Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Pada Dinas Sosial Kota Banda Aceh

Susila Wati, 180802129 (2022) Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Pada Dinas Sosial Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Pada Dinas Sosial Kota Banda Aceh] Text (Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Pada Dinas Sosial Kota Banda Aceh)
Susila Wati, 180802129, FISIP, IAN, 082234168717.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bertujuan untuk menghasilkan data fakir miskin yang berkualitas. Untuk menghasilkan data yang berkualitas perlu dilakukan pemutakhiran data dengan cara verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten/kota. Dinas Sosial Kota Banda Aceh dalam proses verifikasi dan validasi data masyarakat dalam pelaksanaannya masih belum optimal, hal tersebut karena masih ditemukan permasalahan data masyarakat, baik data yang belum sinkron dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil baik NIK, nama dan alamat, sehingga penyaluran bantuan sosial masih belum tepat sasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan data DTKS dan faktor pendukung serta penghambat proses verifikasi dan validasi data di Dinas Sosial Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengelolaan data DTKS sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu mulai dari proses usulan data, verifikasi dan validasi serta penggunaannya, namun masih ditemukan faktor penghambat, yaitu kurangnya SDM yang pengelola data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), sehingga masih ada ditemukan permasalahan data di lapangan, baik data masyarakat yang belum sinkron dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data masyarakat yang belum terupdate dan penetapan KPM yang masih belum tepat sasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk memudahkan dan mempercepat proses pemutakhiran data, upaya yang harus dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh dalam pemutakhiran data perlu dilakukan penambahan staf bagian pengelola data DTKS serta meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar data yang dihasilkan lebih berkualitas yaitu data masyarakat yang akurat, sinkron dan lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Susila Wati
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:11
Last Modified: 31 Aug 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item
View Item