Kualitas Pelayanan Publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang

Yossy Adelya Kharati Panjaitan, 180802042 (2022) Kualitas Pelayanan Publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Pelayanan Publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang] Text (Kualitas Pelayanan Publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang)
Yossy Adelya Kharati Panjaitan, 180802042, FISIP, IAN, 082267106470.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Pelabuhan Balohan memiliki peran penting dengan menjadi satu-satunya pelabuhan yang beroperasi sebagai sarana jasa penyeberangan penumpang maupun barang melalui transportasi laut di Kota Sabang. Penyelenggara pelayanan dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat atau pengguna layanan dengan sesuai ketentuan dan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik dan hambatan pelayanan publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang. Penelitian ini dikaji dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang dapat dikatakan sudah cukup baik, terlihat dari sisi telah terpenuhinya dimensi sistem, mekansime, dan prosedur serta perilaku pelaksana. Namun terdapat beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai serta belum tersedianya beberapa fasilitas dari indikator yang ada dalam dimensi persyaratan yakni keselamatan pelayanan, keamanan pelayanan, kenyamanan pelayanan. Adapun yang menjadi hambatan pelayanan publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang yaitu masalah sisi informasi pelayanan publik, belum tersedianya profil pelaksana dan papan informasi yang dipublikasikan dan dapat diakses oleh pengguna jasa atau penumpang. Selain itu perlu peninjauan kembali oleh penyelenggara pelayanan publik di Pelabuhan Balohan Kota Sabang untuk memberikan pelayanan publik sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yossy Adelya Kharati Panjaitan Yossy
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:12
Last Modified: 31 Aug 2022 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item
View Item