Pengaruh Persepsi Tentang Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nur Elmi, 180205021 (2022) Pengaruh Persepsi Tentang Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring] Text (Pembelajaran Daring)
Nur Elmi, 180205021, FTK, PMA, 082274385608.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada prodi pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Banda Aceh selama pandemi covid-19 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika dengan jumlah 371 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 0,1 dan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 79 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 18 pernyataan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kemudian ada beberapa uji yang harus terpenuhi, seperti uji normalitas, uji realibilitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pendidikan matematika tentang pembelajaran daring termasuk kedalam kategori sedang dengan keseluruhan persentase sebanyak 82,28%. Mahasiswa memiliki persepsi bahwa materi yang dipelajari secara daring sulit untuk dipahami, meskipun demikian bukan berarti mahasiswa sangat-sangat tidak mampu memahami materi. Mereka menilai pembelajaran daring yang diberikan oleh dosen dapat diterima dengan jelas walaupun materi yang mereka terima hanya sebagian kecil saja, tidak secara keseluruhan. Namun untuk memahami materi tersebut membutuhkan waktu yang tidak cepat, hal ini dikarenakan ada beberapa kendala yang dialami oleh mahasiswa ketika sedang melaksanakan perkuliahan. Sedangkan pengaruh persepsi tentang pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa, ditunjukkan bahwa r_hitung(0,454) ≥ r_tabel(0,219) pada taraf signifikan 5% berada pada daerah penerimaan H_1, dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang lemah atau rendah antara persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa selama pandemi covid-19. Adapun koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,206. Hal ini menunjukan bahwa variabel persepsi pembelajaran daring berkontribusi terhadap minat belajar pada mahasiswa sebesar 20,6%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Elmi Ami
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:31
Last Modified: 01 Sep 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item
View Item