Istikhdaaam Bithaaqah Tarkiibil Jumal fii Ta'liimil Mubtada' Wal Khabar (Diraasah Tajriibiyyah bi MAN 3 Aceh Besar)

Aulia Rahmi, 221323954 (2017) Istikhdaaam Bithaaqah Tarkiibil Jumal fii Ta'liimil Mubtada' Wal Khabar (Diraasah Tajriibiyyah bi MAN 3 Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Aulia Rahmi_221323954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di MAN 3 Aceh Besar, Peneliti menemukan keadaan guru yang sulit dalam menerapkan media yang cocok untuk pembelajaran mubtada’ dan khabar. Guru hanya menjelaskan pelajaran kepada murid melalui buku paket tanpa menggunakan media pembelajaran. Pengajaran ini tidak mendorong kemampuan murid dalam menguasai ketrampilan berbahasa, baik dalam ketrampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.Peneliti juga mendengarkan keluhan dari peserta didik tentang sulitnya belajar bahasa arab (Mubtada’ dan khabar) tanpa menggunakan media sehingga membuat mereka bosan. Peneliti berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan media kartu susun kalimat dalam pembelajaran mubtada’dan khabar. Adapun tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan murid terhadap penguasaan mubtada’ dan khabar dengan menggunakan media kartu susun. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah metode Eksperimen (One group – Pretest Postest Design). Alat-alat untuk memperoleh data adalah observasi langsung, dan tes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa disekolah MAN 3 Aceh Besar dan peneliti mengambil sampel penelitian di kelas 1 MIA 2 dengan jumlah siswa 17 orang. Adapaun hasil penelitian dengan menggunakan media kartu susun dalam pembelajaran mubtada’ dan khabar sangat efektif dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mubtada’ dan khabar dengan hasil T-test lebih besar dari pada test tabel (2,92 <6,36> 2,58) yang menunjukkan bahwa Hipotesa nol (Ho) ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima, artinya penggunaan media kartu susun kalimat dapat meningkatkan kemampuan murid dalam memahami mubtada’ dan khabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: AR 221323954 Aulia Rahmi
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:08
Last Modified: 22 Jan 2018 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item
TOP