Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar)

Nur Helmi, 180209052 (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar)] Text (Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar))
Nur Helmi, FTK, PGMI, 180209052, 085668754573.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan dan menempati tempat yang terhormat di kalangan masyarakat. Guru memiliki pengaruh yang sangat besar pada perubahan-perubahan perilaku peserta didiknya. Membaca, menulis dan menghitung merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai secara mendunia. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SDN Kuta Pasie diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan menghitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca, menulis dan menghitung, dan untuk menganalisis bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya menghadapi kesulitan membaca, menulis dan menghitung pada SDN Kuta Pasie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca, menulis dan menghitung ialah semua tenaga pendidik merupakan sarjana, program pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, melakukan test awal bagi siswa baru, melakukan gerakan bengkel kelas, melakukan kegiatan ramadhan membaca pada awal bulan puasa, belajar membaca dengan metode fonik, melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, dan memberikan motivasi belajar dan dorongan untuk semangat belajar kepada siswa. (2) Kendala yang dialami guru adalah kurangnya dukungan dan kerjasama dari orang tua siswa, siswa yang kesulitan membaca, menulis dan menghitung cenderung malas untuk belajar, daya ingat siswa yang rendah, psikologis siswa yang tidak stabil, dan keterbatasan sekolah dalam menyediakan media yang mendukung dalam proses belajar membaca, menulis dan menghitung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kesulitan membaca, menulis dan menghitung
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Helmi
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:40
Last Modified: 01 Sep 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item
View Item