Tingkat pengetahuan Dan Pemahaman Masyarakat Aceh Besar Terhadap Persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 Tahun 2018 (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar)

Siti Safura, 170603091 (2021) Tingkat pengetahuan Dan Pemahaman Masyarakat Aceh Besar Terhadap Persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 Tahun 2018 (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 Tahun 2018] Text (Persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 Tahun 2018)
Siti Safura, 170603091, FEBI, PS, 081362605193.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Qanun Lembaga Keuangan Syariah merupakan qanun yang bertujuan untuk mewujudkan perekonomian Aceh yang Islami, menjadi penggerak dan pendorong dalam pertumbuhan perekonomian Aceh, menghimpun dan memberikan pendanaan serta menjalankan fungsi Lembaga Keuangan sesuai dengan prinsip syariah, mendorong peningkatan asli Aceh, membantu peningkatan pendapatan pemberdayaan ekonomi dan produktivitas masyarakat serta membantu pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Kabupaten Aceh Besar, adapun objek penelitiannya adalah Kecamatan Darul Imarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini merupakan masyarakat Kecamatan Darul Imarah yang berjumlah 100 orang. Di dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan mempertimbangkat persyaratan sampel yang akan diambil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap persepsi Qanun Lembaga Keuangan Syariah sudah sangat baik dan bagus hal ini terbukti dari mean score di setiap variabel, yaitu variabel pengetahuan dengan nilai mean score sebesar 4,40, variabel pemahaman dengan nilai mean score sebesar 4,38 dan variabel persepsi dengan mean score sebesar 4,39. Yang berarti bahwa persepsi masyarakat sangat bergantung dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman seorang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Safura
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:39
Last Modified: 01 Sep 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22832

Actions (login required)

View Item
View Item