Sistem Transaksi Jual Beli Kelapa Sawit Perspektif Islam (Studi Di Desa Seuneubok Padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya)

Suci Sudiana, 180403074 (2022) Sistem Transaksi Jual Beli Kelapa Sawit Perspektif Islam (Studi Di Desa Seuneubok Padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Sistem Transaksi Jual Beli Kelapa Sawit Perspektif Islam (Studi Di Desa Seuneubok Padang kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya)] Text (Sistem Transaksi Jual Beli Kelapa Sawit Perspektif Islam (Studi Di Desa Seuneubok Padang kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya))
Suci Sudiana, 180403074, FDK, MD, 085362829816.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Transaksi Jual Beli Kelapa Sawit Perspektif Islam, Studi di Desa Seuneubok Padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya”. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana transakai jual beli kelapa sawit perspektif Islam yang terjadi di desa Seuneubok Padang. Pokok permasalahan tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana realitas transaksi jual beli kelapa sawi di Desa Seuneubok Padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya. (2) Bagaimana perspektif Islam terhadap transaksi jual beli kelapa sawit di Desa Seuneubok padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas transaksi jual beli kelapa sawit di Desa Seuneubok Padang. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh tentang kegiatan transaksi jual beli kelapa sawit terjadi antara pedagang dengan petani. Namun permasalahan yang terjadi adalah tentang kecurangan timbangan terhadap transaksi jual beli kelapa sawit yang dilakukan oleh para pedagang kepada para petani di desa Seuneubok Padang pada tahun 2021. Kecurangan dalam menakar dan menimbang mendapat perhatian khusus dalam Al-qur‟an karena praktik seperti ini telah merampas hak orang lain. Selain itu, praktek seperti ini juga menimbulkan dampak yang sangat vital dalam dunia perdagangan yaitu timbulnya ketidak percayaan pembeli terhadap pedagang yang curang atau sebaliknya. Islam sangat melarang adanya segala bentuk penipuan dalam jual beli. Islam sangat menuntut suatu perdagangan yang dilakukan secara jujur dan amanah. Tindakan pedagang dalam mengurangi timbangan pada saat jual beli merupakan suatu tindakan yang telah merampas hak orang lain dalam bentuk penipuan dalam bentuk ketidakakuratan timbangan, mengurangi timbangan sama halnya dengan mencuri hak orang lain oleh karena itu praktek perdagangan semacam ini sangat dilarang dalam Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Suci Sudiana
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:41
Last Modified: 01 Sep 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item
View Item