Partisipasi Masyarakat pada Program Bank Sampah di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Halimah, 180404064 (2022) Partisipasi Masyarakat pada Program Bank Sampah di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Partisipasi   Masyarakat   pada   Program   Bank   Sampah] Text (Partisipasi Masyarakat pada Program Bank Sampah)
Halimah, 180404064, FDK, PMI, 08566647689.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Partisipasi Masyarakat pada Program Bank Sampah di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong partisipasi masyarakat pada program Bank Sampah Unsyiah, untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat pada program Bank Sampah Unsyiah, dan apa saja kendala atau tantangan dalam mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi pada program Bank Sampah Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mendorong patisipasi masyarakat terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal berupa pengetahuan, persepsi, kebutuhan, minat dan kesadaran, dimana faktor internal ini muncul setelah masyarakat diedukasi oleh pihak Bank Sampah Unsyiah. Faktor eksternal berupa fasilitas dan sarana prasarana yang di sediakan oleh pihak Bank Sampah Unsyiah untuk memberikan kenyamana kepada masyarakat. Bentuk partisipasi masyarakat pada program Bank Sampah Unsyiah adalah dengan bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Unsyiah, membersihkan sampah di lingkungan sekitar, dan juga dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kendala yang dihadapi Bank Sampah Unsyiah berupa kurangnya jumlah pekerja pada Bank Sampah tersebut dan pola pikir masyarakat yang hanya ingin mengetahui tentang Bank Sampah Unsyiah namun tidak berpartisipasi pada Bank Sampah Unsyiah. Selain itu tantangan yang dihadapi oleh pihak Bank Sampah Unsyiah berupa sulitnya mendapatkan izin untuk melakukan edukasi di gampong.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Halimah Imah
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:59
Last Modified: 01 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22838

Actions (login required)

View Item
View Item