Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa MAN Sibreh Aceh Besar

Zulkiram, 211 020 389 (2016) Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penelitian Siswa MAN Sibreh tentang Pelajaran Fiqih]
Preview
Text (Penelitian Siswa MAN Sibreh tentang Pelajaran Fiqih)
Skripsi_Zulkiram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil akhir yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor disiplin dan lingkungan belajar. Dengan disiplin dan lingkungan belajar yang baik, akan berdampak baik pula bagi perubahan perilaku dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Sebagaimana hasil observasi kelas yang peneliti lakukan di MAN Sibreh, Aceh Besar, ditemukan fakta bahwa proses belajar mengajar belum membuktikan adanya tanda-tanda pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator salah satu yang paling utama adalah seringnya siswa meninggalkan kelas disaat jam pelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa terutama mata pelajaran Fiqh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kedisiplinan terhadap hasil belajar. Sementara sampel yang digunakan purposive sampling dengan jenis penelitian lapangan (field fesearch) menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dari responden dengan menggunakan skala riset. Analisis data menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif (+) antara tingkat kedisiplinan terhadap hasil belajar dengan nilai 38,9 %, angka tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus regresi, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar sedangkan sisanya dipengaruhi oleh varibel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr. Sri Suyanta, M. Ag 2.Elviana, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Fiqih, Siswa MAN
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkiram jul Juned
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:53
Last Modified: 22 Jan 2018 08:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item
View Item