Analisis Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Jarimah Ikhtilat Di Tempat Wisata Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Nola Candra Pratiwi, 180104099 (2022) Analisis Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Jarimah Ikhtilat Di Tempat Wisata Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pencegahan Jarimah Ikhtilat] Text (Pencegahan Jarimah Ikhtilat)
Nola Candra Pratiwi, 180104099, FSH, HPI, 85330379664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pasal 1 angka 14 Qanun No. 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayah merupakan dasar yang kuat mengenai tugas dan fungsi dari lembaga Wilayatul Hisbah dalam melakukan pencegahan terhadap perbuatan jinayah akan tetapi di tempat wisata Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya masih banyak terjadi perbuatan ikhtilat. Penelitian ini secara khusus dilakukan di kantor Lembaga Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat Daya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Wilayatul Hisbah dalam mencegah jarimah ikhtilat di tempat wisata, apa saja hambatan Wilayatul Hisbah dalam mencegah jarimah ikhtilat, serta bagaimana tinjauan fiqh jinayah terhadap peran Wilayatul Hisbah dalam melakukan pencegahan jarimah Ikhtilat di tempat wisata Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa Peran dari lembaga Wilayatul Hisbah dalam mencegah terjadinya ikhtilat di tempat wisata Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu dengan melakukan pengawasan yang dilakukan oleh tim unit cegah dini dengan sistem kerja patroli pengawasan ini dilakukan oleh Wilayatul Hisbah untuk mencegah masyarakat melakukan jarimah ikhtilat di tempat wisata. Hambatan yang didapatkan oleh lembaga Wilayatul Hisbah dalam mencegah terjadinya jarimah ikhtilat ada dua yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal yaitu kurangnya SDM dan anggaran dalam menjalakan tugasnya sedangkan hambatan eksternal adalah masyarakat itu sendiri, sikap kurang pedulinya masyarakat terhadap penegakan syari’at Islam merupakan faktor penghambat Wilayatul Hisbah dalam upaya pencegahan jarimah ikhtilat. Menurut pandangan Hukum Pidana Islam, peran dari Wilayatul Hisbah sebagai lembaga pemerintah dalam melakukan pencegahan tindak pidana, yang dalam hal ini tindak pidana ikhtilat adalah wajib, sehingga Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat Daya telah menjalankan al-‘amru bil-ma’ruf wannahyu’anil-munkar yaitu dengan mencegah masyarakat melakukan jarimah ikhtilat di tempat wisata Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Nola Candra Pratiwi Nola
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:59
Last Modified: 01 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item
View Item