Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Heller Pada Materi Hukum Pascal Di Kelas XI MAN 2 Bener Meriah

Salwa Aiyesi, 180204008 (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Heller Pada Materi Hukum Pascal Di Kelas XI MAN 2 Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Heller Pada Materi Hukum  Pascal Di Kelas XI MAN 2 Bener Meriah] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Heller Pada Materi Hukum Pascal Di Kelas XI MAN 2 Bener Meriah)
Salwa Aiyesi, 180204008, FTK, PFS, 082246014243.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di Madrasah Aliyah negeri 2 Bener Meriah, terlihat peserta didik kesulitan dan kurang memahami pelajaran hitung-menghitung, kurangnya kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah pada soal. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan fisika adalah dengan menerapkan Teori Heller yang memiliki 5 tahapan yaitu memvisualisasikan masalah, mendeskripsikan masalah, merencanakan solusi, melaksanakan solusi dan memeriksa serta mengevaluasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah berdasarkan Teori Heller pada Materi Hukum Pascal di kelas XI MAN 2 Bener Meriah, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah berdasarkan Teori Heller pada materi hukum pascal di kelas XI MAN 2 Bener Meriah. Adapun metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah soal fisika berdasarkan Teori Heller pada Materi Hukum Pascal sudah berada pada kategori sedang, karena masih ada beberapa peserta didik yang perlu diberikan perhatian lebih dalam proses belajar mengajar pada materi hukum pascal, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban peserta didik dalam menjawab soal, pada tahap visualisasi masalah mayoritas peserta didik sudah mampu untuk melakukannya, namun pada tahap mendeskripsikan masalah masih ada beberapa peserta didik yang kurang teliti dalam penulisan satuan pada rumus, kemudian pada tahap merencanakan dan melaksanakan solusi masalah, mayoritas peserta didik sudah mampu melakukannya dengan baik, namun pada tahap evaluasi peserta didik belum mampu melakukannya dengan baik, sehingga perlu dilakukannya upaya agar peserta didik mampu menyelesaikan masalah fisika berdasarkan Teori Heller dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan, Hukum Pascal, Teori Heller.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Salwa Aiyesi Salwa
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:01
Last Modified: 05 Sep 2022 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22844

Actions (login required)

View Item
View Item