Sistem Mawah Dalam Budaya Masrakat Kecamatan Tripa Makmur Nagan Raya Menurut Perspektif Dakwah

Aprilia Pramita, 140403101 (2022) Sistem Mawah Dalam Budaya Masrakat Kecamatan Tripa Makmur Nagan Raya Menurut Perspektif Dakwah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Sistem Mawah Dalam Budaya Masrakat Kecamatan Tripa Makmur Nagan Raya Menurut Perspektif Dakwah] Text (Sistem Mawah Dalam Budaya Masrakat Kecamatan Tripa Makmur Nagan Raya Menurut Perspektif Dakwah)
Aprilia Pramita, 140403101, FDK, MD, 085320133307.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “SISTEM MAWAH DALAM BUDAYA MASYARAKAT KECAMATAN TRIPA MAKMUR NAGAN RAYA MENURUT PERSPEKTIF DAKWAH”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sistem mawah dalam budaya masyarakat? Bagaimana praktek mawah yang dilakukan masyarakat? Apa saja upaya masyarakat mempertahankan budaya mawah?. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini ialah: Untuk mengetahui sistem mawah dalam budaya. Untuk mengetahui praktek mawah yang dilakukan masyarakat. Untuk mengetahui upaya masyarakat mempertahankan budaya mawah. Adapun metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang di peroleh berupa : Sistem pelaksaan mawah di tiga Gampong menggunakan cara kerja yang sama. Yang mana mereka menyepakati sebuah aturan, sebelum menyerahkan apa yang akan dimawahkan dan memberikan modal kepada orang yang melakukan mawah tersebut. Dalam proses pelaksaan mawah harus didahulukan dengan perjanjian, setelah melakukan perjanjian antara kedua belah pihak, maka selanjutnya, memberikan modal kepada orang yang akan menjaga barang mawahnya tersebut. Upaya masyarakat dalam mempertahankan mawah ialah selalu melakukan mawah tersebut secara berulang- ulang sehingga mawah tersebut tidak akan terlupakan di samping menghasilkan keuntungan yang besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Aprilia Pramita
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:02
Last Modified: 01 Sep 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22845

Actions (login required)

View Item
View Item