Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang

Septian Eka Wahyu Prihatin, 170802106 (2022) Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang] Text (Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang)
Septian Eka Wahyu Prihatin, 170802106, FISIP, IAN, 082161048230.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dalam melaksanakan strategi pemerintahan berkenaan dengan pelaksanaan administrasi Gampong maka perlu dilakukan aktifitas secara bertahap dalam arti memiliki prosedural dalam penyelesaian administrasi semisal surat masuk, proses administrasi, ditanggapi dan/atau ditolak. Pelayanan administrasi adalah jenis pelayanan yang diberikan oleh unit pelayanan berupa administrasi kependudukan, administrasi keuangan, administrasi Negara, administrasi pembangunan, administrasi publik, administrasi lingkungan. Gampong Cot Ba’u merupakan Gampong yang masih menemukan masalah strategi berkenaan dengan pembinaan penyelenggaraan administrasi Gampong oleh pemerintahan Gampong dalam memenuhi standarlisasi kebutuhan dalam masyarakat. Sehingga perlu dilakukan strategi yang sesuai dengan kemampuan pemerintahan Gampong dalam penyelenggaraan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemerintah Gampong dalam meningkatkan pelayanan administrasi di Gampong. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemerintahan Gampong Cot Ba’u melakukan strategi dengan pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif dan profesional sekaligus membina petugas pelaksana administrasi gampong dengan pendokumentasian, agar tertatanya administrasi secara up-date. Adapun kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa, pemerintahan Gampong Cot Ba’u dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat masih belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan masih lemahnya kemampuan pemerintahan Gampong secara berkelanjutan dalam memberikan kontribusi pelayanan yang maksimal bagi masyarakat Gampong Cot Ba’u.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Septian Eka Wahyu Prihatin
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:05
Last Modified: 01 Sep 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item
View Item